Categories: Blog Updates

BATIK PARANG – Ornamen Pintu Motif Batik Tembaga

Ide Kreatif Motif Batik Parang dari Logam Tembaga Pada Daun Pintu

Ornamen & Motif batik adalah sebuah kerangka gambar pada batik yang berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen sehingga menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan.

Motif batik disebut juga corak batik atau pola batik. Motif batik tersebut dibuat pada bidang-bidang segi tiga, segi empat, dan atau lingkaran. Motif-motif batik itu antara lain adalah motif hewan, manusia, geometris, motif kembang dan motif lain.

Motif batik sering juga dipakai untuk menunjukkan status seseorang contohnya motif batik “Parang”. Batik Parang merupakan salah satu motif batik yang tertua di Indonesia. Kata Parang berasal dari kata Pereng yang artinya  lereng.

Kegiatan membatik merupakan tradisi turun menurun. Karena itu, sering juga motif batik manjadi ciri khas dari batik yang diproduksi keluarga kerajaan pada zaman dahulu.

Ada beberapa jenis BATIK PARANG  yaitu:

  • Parang Rusak, Motif ini merupakan motif batik yang diciptakan Penembahan Senopati saat bertapa di Pantai Selatan. Motif batik ini terinspirasi dari ombak yang tidak pernah lelah menghantam karang pantai. Motif ini melambangkan manusia yang internal melawan kejahatan dengan mengendalikan keinginan mereka sehingga mereka bijaksana, watak mulia karakter yang akan menang.
  • Parang Barong, Motif ini merupakan motif yang mempunyai ukuran yang lebih besar dari parang rusak, yang diciptakan oleh Sultan Agung Hanyakrakusuma. Motif ini memiliki makna pengendalian diri dalam dinamika usaha yang terus-menerus, kebijaksanaan dalam gerak, dan kehati-hatian dalam bertindak.
  • Parang Klitik,. Motif ini merupakan pola parang dengan stilasi yang halus. ukurannya pun lebih kecil dan juga menggambarkan citra feminim, Motif ini melambangkan kelemah-lembutan, perilaku halus dan bijaksana. Biasanya digunakan oleh para puteri raja.
  • Parang Slobog, Motif ini melambangkan keteguhan, ketelitian dan kesabaran, dan biasanya digunakan dalam upacara pelantikan. Motif ini mempunyai makna harapan agar pemimpin yang dilantik dapat mengemban dan menjalankan tugasnya dengan amanah disertai kebijaksanaan dalam diri.

Review Image : Aplikasi Ornamen Tembaga Motif Batik Di PadiTeras Boutique Hotel Bali

Sumber Artikel : https://id.wikipedia.org/wiki/Batik_Parang

This post was last modified on 10 Juli 2019 10:25 am

Share
Purwo Supriyatno

Pengrajin, Gallery dan Pusat Kerajinan Tembaga Kuningan dan Kaca Patri Terbaik Indonesia. Untuk pemesanan dan informasi produk kerajinan bisa hubungi kami melalui kontak dibawah ini: Telp./WA: 081266321414

Published by
Purwo Supriyatno

Pos terbaru

Minisite baru PURWO.ID: Personal Blog Purwo Supriyatno

Mengawali tahun 2020 ini, kami membuat sebuah personal blog baru dengan alamat URL https://purwo.id.

2 tahun ago

Contoh Lampu Gantung Tembaga Masjid

Berikut ini adalah contoh lampu gantung tembaga kuningan yang di produksi pengrajin tembaga terbaik GUDANG…

3 tahun ago

Mengaplikasikan Lampu Gantung Tembaga Terkemuka dan Terbaik

Saat ini keberadaan produk lampu gantung tembaga masih menjadi produk unggulan. Untuk bangunan yang banyak…

3 tahun ago

Kerajinan Mustaka Masjid Tembaga Kuningan Terbaik No.1

Spesifikasi material mustaka mahkota masjid kuningan dan tembaga, harga mustaka kubah masjid, konsultasi desain mustaka…

2 tahun ago

Pusat Kerajinan Tembaga Dan Kuningan Terbaik Di Indonesia

Bicara produk, produk yang dihasilkan beraneka ragam seperti: kubah masjid tembaga, kubah masjid kuningan, ornamen…

3 tahun ago

Berapa Ukuran Plat Tembaga yg digunakan dalam Kerajinan Logam?

Berapa ukuran plat tembaga ideal yang digunakan GUDANG ART DESIGN untuk membuat produk kerajinan tembaga

3 tahun ago