Gamelan: Kerajinan Gong Perunggu dan Gong Kuningan

Gong perunggu, kuningan, besi

Industri Kerajinan Gong Pembuatan Gong Perunggu, Kuningan dan Besi untuk acara peresmian gedung, kantor, hotel, universitas, instansi, sekolah dan acara lainnya dengan Bahan logam perunggu, kuningan dan Besi beserta tiang penyangga lengkap dengan pemukulnya.

Gamelan

Gamelan adalah himpunan alat musik. Yang biasanya menonjolkan demung, saron, peking, gambang, kendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumen/alatnya. Yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama.

Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa Gamel yang berarti memukul/menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda.

Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk himpunan alat musik.

Di Bali dan Lombok saat ini, dan di Jawa lewat abad ke-18, istilah gong lebih dianggap sinonim dengan gamelan.

Gong

Gong merupakan salah satu alat gamelan yang bulat ceper berongga yang untuk membunyikan harus dipukul hingga berbunyi ‘gong’. Tapi siapa sangka benda yang bentuknya sederhana ini butuh ketelitian yang tinggi untuk bisa membunyikan suara ‘gong’ bisa bernada seperti notasi.

“Gong ini terbuat dari besi yang disambung dengan cara di las. Gong ini saat pertama kali dibuat dari besi tidak bisa langsung bisa berbunyi dan bila dipukul suaranya seperti besi dipukul suaranya gempreng. Harus dibersihkan dilapisi tembaga atau kuningan dulu baru bisa berbunyi,” ungkapnya.

Tak hanya itu untuk menciptakan nada yang diinginkan juga perlu dilakukan penyelerasan. Yakni dengan cara mengerik lapisan perunggu yang melapisi gong lalu dipukul dipukul sampai menciptakan nada yang diinginkan.

Hal ini membuat satu paket gong yang sudah jadi bisa mencapai harga yang fantastis hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga  Kerajinan Ornamen Pintu Utama Masjid Populer

Alat musik ini bisa dibuat dari salah satu logam, seperti jika membuat gong, bisa dari gong besi kuningan, gong tembaga dan lain-lain. Bisa juga memiliki beberapa macam, seperti gamelan bali ataupun gamelan jawa. Tentunya karakteristik dari ke dua alat musik tersebut juga berdeda.

Kata ini sendiri sangat populer bagi masyarakat jawa. Seperti di candi borobudur sering diadakan pentas seni yang tentunya tidak lepas dari alat musik tradisional itu sendiri.

Gamelan Jawa

Merupakan ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Musik yang tercipta pada Gamelan Jawa berasal dari paduan bunyi gong, kenong dan alat musik Jawa lainnya.

Irama musik umumnya lembut dan mencerminkan keselarasan hidup, sebagaimana prinsip hidup yang dianut pada umumnya oleh masyarakat Jawa.

Gamelan Bali

Gamelan Bali adalah salah satu jenis Gamelan yang ada di Indonésia. Orang-orang Bali lebih menyebutnya sebagai “Gambelan”.

Gamelan ini memiliki perbedaan dengan gamelan jawa yaitu bentuk wilah (bilah pada saron) lebih tebal, bentuk pencon (bentuk gamelan seperti bonang) lebih banyak daripada wilah, ritme lebih cepat.

Gamelan Bali sangat khas terutama melalui bunyinya yang meledak-ledak, berkecepatan tinggi, serta bagian gending yang lebih dinamis.

Ritme musik yang cepat terutama disebabkan oleh perangkat berbentuk seperti simbal berukuran kecil yang biasa disebut Ceng-Ceng.

Kerajinan Logam

GUDANG ART DESIGN – Sebagai pengrajin kerajinan berbahan logam dan kaca seperti : kerajinan tembaga kuningan, aluminium cor dan kaca patri juga memiliki layanan pembuatan kerajinan custom. Salah satunya adalah kerajinan alat musik gong lengkap dengan ornamen tembaga kuningannya.

Baca Juga  Kerajinan Kaca Patri Dan Harga Kaca Patri Termurah

Berdiri sejak 1999, hingga saat ini GUDANG ART DESIGN telah memproduksi banyak jenis kerajinan mulai dari replika produk sampai kerajinan dengan desain original. Produk kerajinan tembaga dan kuningan lainnya seperti replika pintu nabawi, relief tembaga kuningan, kubah masjid tembaga, kaca patri masjid, kaca patri gereja dan lain lain diproduksi di workshop kami.

Informasi lebih lengkap bisa langsung datang ke GUDANG ART DESIGN di Jalan Kaliurang KM 12, Candi Sari, Candi Karang, Sardonoharjo, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Atau langsung bisa menyampaikan pesan melalui telp /wa dibawah ini:

0812-6632-1414 (Purwo Supriyatno)

CARA ORDER : 

  • Telp. – Anda bisa langsung melakunan pemesanan dengan menghubungi kami melalui line telp.
  • Email – Untuk melakukan pemesanan via Email, anda perlu menerangkan detail pesanan anda, baik jumlah, kode produk (jika ada), deskripsi yang anda inginkan, dan hal-hal lain tentang pemesanan anda.

PEMBAYARAN

  • Pemesanan Produk yang Ready Stok 75%, dan sisanya (25%) pada saat akan dikirim
  • Dan untuk yang tidak Ready, maka DP diperlukan DP 50% dan sisanya pada saat Produk Siap dikirim.

We offering you our best metal art product, gong craft, gamelan and other musical equipement. We sell Bronze Gong, Brass Gong and Iron Gong, hand made and quality of exports : By Gudang Art

GUDANG ART DESIGN merupakan Produsen dan Pengrajin Kerajinan Kreatif di Indonesia. Produk Kerajinan yang dihasilkan antara lain: Kerajinan Tembaga /Kerajinan Kuningan, Kaca Patri, Aluminium Cor, Ornamen Masjid dan semua produk kreatif berbahan tembaga, kuningan, aluminium dan kaca.

Info & Pemesanan: 081266321414