Standar Ukuran Tinggi dan Lebar Pintu Utama Ideal

Ukuran Pintu Utama - Kaca Patri Jendela, Pintu Utama

Ukuran Pintu Utama Rumah

Bicara mengenai standar ukuran ideal ukuran pintu utama rumah sebaiknya diukur berapa ketinggian penghuni rumah dan calon pengunjung rumah tersebut. Ini berlaku juga untuk estetika desain sebuah bangunan. Semua ukuran harus proporsional seperti ukuran besar dalam cm dan tingginya.

Seperti yang kita ketahui fungsi pintu sebagai digunakan untuk akses keluar masuk penghuni rumah, memasukkan barang dan lain-lain. Membuat pintu dan jendela rumah perlu memikirkan ukuran standar pintu agar terlihat menarik dan fungsional.

Rumah minimalis misalnya, perlu penataan ruang tamu, jendela utama, jendela kamar dan pintu kamar mandi dengan model minimalis, fungsional tetapi tetap menarik untuk dipandang.

Untuk membuat desain pintu utama yang nyaman, perlu di perhatikan ukuran idealnya. Ukuran ideal ini di sesuaikan dengan lebar bukaan serta ketinggian bukaan yang di butuhkan.

Baca Juga  Agen Kaca Patri Seni Kerajinan Kaca Hias Yang Berkualitas

Keterangan Ukuran Tebal Daun Pintu

Ukuran tebal daun pintu di sesuaikan dengan ukuran tebal handle dan rumah kunci pintu yang di gunakan. Handle dan kunci pintu rata rata memiliki 3,5 – 4 cm. Tebal daun pintu sebaiknya di lebihkan beberapa milimeter dari tebal handle atau kunci.

Material kayu untuk Pintu Utama. Sebagai pintu terdepan dan paling utama dalam suatu hunian di tuntut memiliki tingkat keamanan yang tinggi. pintu utama sebaiknya di buat dari material yang kuat dan kokoh.

Standar Ukuran Pintu Rumah

Berikut ini adalah standar ideal ukuran pintu rumah yang bisa dijadikan acuan dalam membuat dan membangun rumah.

No.Jenis RuangUkuran Ideal Pintu (termasuk tebal kusen)
1Tamu92cm x 216cm
2Tidur92cm x 216cm
3Makan92cm x 216cm
4Dapur92cm x 216cm
5Kerja92cm x 216cm
6Gudang92cm x 216cm
7Anak92cm x 216cm
8Belajar92cm x 216cm
9Santai92cm x 216cm
10Cuci82cm x 216cm
11Kamar Mandi82cm x 216cm
12Kamar mandi, wc atau toilet82cm x 216cm
Baca Juga  Produsen Pagar Masjid Cor Aluminium Paling Terpercaya Dan Terlaris

Dari tabel diatas, bukan lah sebuah keharusan dalam hal ukuran pintu rumah. Kita bisa membuat ukuran pintu rumah sesuai dengan kebutuhan, jadi ukuran diatas bisa dijadikan acuan untuk membuat pintu rumah yang ideal.

Ornamen Pintu Rumah

Untuk menambah keindahan sebuah bangunan, bisa ditambahkan ornamen pintu rumah seperti kaca patri untuk jendela, atau untuk pintu utama. Bisa dengan kaca patri minimalis, kaca patri modern dan lain lain.

Kerajinan kaca patri juga bisa diaplikasikan kedalam jendela, pintu kamar mandi, pintu utama dan sebagainya. Penggunaan kaca patri sebagai ornamen sebuah bangunan akan menambahkan nuansa yang indah untuk dipandang karena pendaran cahaya dari kaca patri akan mempercantik ruangan tersebut.

Contoh Ornamen Kaca Patri

GUDANG ART DESIGN merupakan Produsen dan Pengrajin Kerajinan Kreatif di Indonesia. Produk Kerajinan yang dihasilkan antara lain: Kerajinan Tembaga /Kerajinan Kuningan, Kaca Patri, Aluminium Cor, Ornamen Masjid dan semua produk kreatif berbahan tembaga, kuningan, aluminium dan kaca.

Info & Pemesanan: 081266321414